Tawakkal Benarkah Berarti Tidak Ada Kerja Sama Sekali

  • Whatsapp
Tawakkal

Sebagian orang memahami bahwa Tawakkal berarti tidak ada kerja sama sekali. Sebagian berkata: “Ustazd kok kerjo berarti ora tawakkal”.

Pemahaman itu dibantah bahwa tawakkal adalah ibadah hati. Tawakkal tidak dimaknai dengan meninggalkan semua usaha. Tawakkal berarti kemantapan hati terhadap ALLOH, sehingga saat tiadanya suatu sebab, hati tetap tenang.

Dalam hadits yang menjelaskan tawakkal dicontohkan dengan burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar, kemudian saat sore hari burung itu kembali ke sarangnya dalam keadaan kenyang. Artinya burung itu tetap terbang keluar dari sarang. Tidak langsung berdiam diri menunggu datangnya rizki.

لو توكلتم على الله حق توكل توكله لرزقكم كما يرزق الطير تغدو حماصا وتروح بطانا.

Seperti diketahui bahwa dalam diri manusia terdapat empat sifat burung berikut:

1. Burung merak, sebagai simbol keindahan yang menyebabkan ada sifat pamer dan sombong.

2. Burung elang, sebagai simbol nafsu untuk makan dan minum.

3. Burung gagak, sebagai simbol sifat tamak yang menyebabkan kikir dan pelit.

4. Ayam, sebagai simbol nafsu syahwat untuk berhubungan badan.

Hal disebutkan dalam kitab Tafsir Ash-Showi karya Ahmad bin Muhammad Al-Showi Al-Maliki:

الحكمة في اختيار هذه الطيور الأربعة شبهها بالإنسان فإن في الطاووس الخيلاء والعجب، وفي النسر شهوة الأكل والشرب، وفي الغراب الحرص، وفي الديك شهوة النكاح، وذلك كله في الإنسان.

Komentar itu beliau tulis saat mengomentari perkataan Syaikh Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitab Tafsir Jalalain yang kami kaji setiap ba’da Maghrib di Majlis Ta’lim Sabilun Najah Kramatsari III Pekalongan Barat berikut:

(فأخذ طاووسا إلخ)

Dalam kitab Kasyifatus Sajaa karya Mbah Nawawi Banten yang In Syaa ALLOH akan khatam kami baca pada malam Kamis Pon, 4 Sya’ban 1442 H/18 Maret 2021 M disebutkan bahwa burung adalah makhluk yang sangat kuat tawakkalnya, sedangkan semut adalah hewan paling tama’.

وروي عن بعض العلماء أن أشد الخلق توكلا الطير وطمعا النمل.

Dengan bekerja, maka kita sedikit banyak akan selamat dari penyakit hati yaitu tama’ dan mengharapkan uluran tangan orang lain.

Hal itu seperti disebutkan dalam do’a yang kita baca setelah membaca surat Al-Waqi’ah yang ada di kitab Nubdzatul Anwar Wafawa’idul Akhyar kumpulan doa-doa di Pondok Pesantren Al-Anwar Karangmangu Sarang berikut:

اللهم صن وجوهنا بالسيار ولا توهنا بالإقتار فنستررق طالبي رزقك ونستعطف شرار خلقك….

“Ya ALLOH jagalah diri kami dengan kemudahan dan janganlah engkau hina kami dengan sempitnya (rizki). (Karena rizki yang sempit) menjadikan kami meminta rizki kepada orang-orang yang meminta rizki-Mu dan kami meminta belas kasih kepada orang-orang jahat dari makhluk-mu”…

Dalam kitab “Al-Fuyudlot Ar-Robbaniyyah” karya Syaikhona Maimoen Zubair tentang Thoriqoh Naqsyabandiyah disebutkan hal serupa.

وهب لي غنى عمن سواك أيا غني * وعن ذل سؤل الغير فاحفظ وجوهنا

“Wahab Lii Ghinan Amman Siwaaka Ayaa Ghoniy * Wa-an Dzulli Su’lil Ghoiri Fahfadh Wajuuhanaa.

Dan berikanlah kepada kekayaan sehingga tidak menggantungkan diri kepada selain-Mu wahai Dzat Yang Maha Kaya. Dan peliharaan diri kami dari kehinaan meminta-minta kepada orang lain.

Dan Alhamdulillah, Kanthongumur telah dibai’at Thoriqoh Naqsyabandiyyah oleh Syaikhona Maimoen Zubair pada malam Jum’at Kliwon, 4 Dzul-Hijjah 1436 H/ 17 September 2015 di kamar pribadi beliau. Saat itu beliau tidak berangkat haji.

Sebelumnya, Kanthongumur juga mendapatkan bai’at Thoriqoh Naqsyabandiyyah oleh Syaikh Rojab Dib Shubhi Suriah di hotel Rembang. Untuk bai’atan oleh Syaikh Rojab, kami buat untuk tabarruk.

Selanjutnya kami berdo’a agar:

وعن شيخنا كن يا إلهي راضيا * وزد في علاه يا علي ورقنا

وبلغه في الدارين كل مراده * وفرح به يا ذا الجلال قلوبنا

وفي حزبه احشرنا وحقق رجاءنا * وفي سلكه انظمنا ومن كأسه اسقنا

وأتباعه فاحفظ وأجزل عطاءهم * وكن لهمو عند الشدائد مؤمنا

ووفق لما فيه رضاك قلوبهم * وكن لهمو عونا فلا زلت محسنا

Wallohu A’lam.

Penulis: Ust. Wahyudi/Kanthong Umur, Kramatsari III Pekalongan Barat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *